Agar Pengguna M-Banking Aman dari Pembobolan, Simak Trik Berikut

  • Whatsapp
Cara paling lazim adalah phising melalui link palsu
Agar Pengguna M-Banking Aman dari Pembobolan, Simak Trik berikut (internet)

digtara.com – Bagi pengguna layanan m-banking harap berhati-hati dan tetap menjaga rahasia terkait akun tersebut. Para pelaku kejahatan bisa membobol layanan ini dan menguras isi rekening melalui nomor ponsel. Agar Pengguna M-Banking Aman dari Pembobolan, Simak Trik berikut

Teknik yang lazim mereka gunakan adalah social engineering. Pelaku kejahatan berusaha untuk menyakinkan korban agar memberikan data pribadi untuk bisa digunakan membobol m-banking. Mereka tidak menggunakan teknik hacking yang canggih.

Dua teknik pembobolan m-banking melalui nomor ponsel yang biasa digunakan adalah:

Muat Lebih

1. SIM Card lama

Pembobolan m-banking via SIM Card lama bisa dilakukan ketika kamu tidak memusnahkan SIM card secara sempurna dengan mematahkan atau mengguntingnya dan kebetulan nomor ponsel lama ini terhubung dengan layanan m-banking.

Ketika nomor ponsel lama ini berhasil dikuasai, pelaku kejahatan tinggal mencari user nama korban dengan mencoba-coba, jika berhasil maka bank akan mengirimkan one time password (OTP) ke nomor ponsel lama, setelah itu rekening bank kamu bisa dicuri.

Baca: Begini Reaksi Menkominfo Soal Data Pasien Covid-19 Dibobol Hacker

“Saya menduga aksi ini sebelum SIM card lama dimatikan operator secara otomatis atau SIM card life cycle di mana nomor tersebut akan diendapkan beberapa lama untuk diterbitkan kembali oleh operator,” ujar pakar keamanan siber Ruby Alamsyah, seperti dikutip CNBC Senin (7/9/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan