Hebat! VPE untuk Penderita Covid-19 Karya 3 Siswa SMPN 14 Binjai Masuk Final Kompetisi Nasional 

Senin, 18 Oktober 2021 13:45

digtara.com – Ventilator Portable Emegency (VPE) hasil karya tiga siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Binjai masuk final dalam kompetisi penelitian siswa Indonesia tingkat Nasional.

Ketiga siswa penemu VPE tersebut yakni 2 orang duduk di bangku kelas IX, Yaisah Adisti dan Radika Eka Prasetya, sementara satunya, Nadia Mulia Sari merupakan siswi kelas VIII SMPN 14 Binjai.

Salah seorang siswa, Radika Eka Prasetya mengatakan, timbulnya ide membuat alat Ventilator Portable Emegency pada Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia tingkat Nasional ini lantaran saat ini di sejumlah Negara tengah dilanda pandemi Covid-19.

“Covid-19 salah satunya membuat penderita sesak nafas. Oleh karena itu kami mencoba membuat VPE ini agar memudahkan penderita untuk menggunakannya,” ujarnya kepada digtara.com, Senin (18/10/21).

Selain berfungsi untuk membantu pernafasan, lanjut Radika, alat VPE buatan tiga siswa ini juga dapat mengukur kadar oksigen di dalam tubuh manusia.

“Jadi alat ini juga dapat menghitung kadar oksigen kita. Jadi disini kita dapat mengetahui berapa kadar oksigen kita,” terangnya.

Dalam hal ini, masih kata Radika, dirinya bersama kedua temannya dibimbing oleh seorang pembimbing, Marini Spd.

Berita Terkait