Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka Puasa dengan yang Manis

  • Whatsapp
Berbuka Puasa dengan yang Manis
Kurma manis untuk berbuka puasa

digtara.com – Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang manis. Hal ini pun menjadi salah satu hal sunnah dalam agama Islam, seperti makan kurma dan minum minuman yang manis. Berbuka Puasa dengan yang Manis.

Tapi, apakah ada alasan kenapa harus berbuka dengan yang manis untuk kesehatan tubuh?

Dr Kaseem Halmar dari University of Warwick, Inggris, mengatakan hampir 14 jam tubuh seseorang yang menjalani puasa tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Itu membuat kadar gula dalam darah menurun dan menyebabkan lemas menjelang buka puasa.

Muat Lebih

Menurut Dr Kaseem, jika seseorang berbuka dengan makanan atau minuman yang manis akan menyeimbangkan kembali kadar insulin, sehingga bisa kembali memproduksi energi. Tetapi, ia mengingatkan untuk tetap ada batasan dalam mengkonsumsinya.

Ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Perdana Samekto juga mengatakan makanan yang manis umumnya memiliki kandungan gula yang tinggi.

“Apabila dikonsumsi setelah puasa dapat segera membantu kita pulih dan menyegarkan,” terangnya.

Salah satu contoh makanan yang manis adalah kurma di mana sekitar 70 persen kandungannya adalah gula.

Baca Juga: Ketika Masak Menu Sahur dan Berbuka Puasa, Ini 3 Kesalahan yang Wajib Dihindari

 

Ia menyampaikan, dalam ajaran agama Islam meskipun secara spesifik tidak disebutkan bahwa memakan makanan manis adalah keharusan saat puasa, akan tetapi kurma sendiri adalah salah satu makanan yang dicontohkan untuk dikonsumsi saat berbuka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan