Wakil Wali Kota Pematangsiantar Terpilih Susanti Belum Juga Dilantik, Ini Kata Gubsu

Senin, 13 September 2021 14:23
int
Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih hasil Pilkada 2020 Susanti Dewayani

Sebelumnya diketahui, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.12/3649/OTDA, tertanggal 4 Juni 2021 yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara, menjadi dasar bahwa akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor-Togar Sitorus tidak lagi pada Februari 2022.

Terlebih dalam poin 8 huruf d pada surat tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diminta mengusulkan pemberhentian Hefriansyah-Togar melalui DPRD Siantar.

Di samping itu, surat Mendagri yang ditandatangani Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, tidak hanya mengusulkan pemberhentian saja, tetapi juga merupakan serangkaian kebijakan yang menjelaskan agar dapat melakukan pelantikan terhadap pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Siantar 2020 lalu.

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Kepmendagri Nomor 131.21-354 tahun 2021, tanggal 23 Februari 2021, tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di Sumut, yang menetapkan Susanti Dewayani Sp.A sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih hasil Pilkada serentak 2020.

Sehingga dipastikan bahwa akhir masa jabatan Hefriansyah-Togar kini idealnya menyesuaikan perintah dari Kemendagri tersebut. Tidak lagi pada Februari 2022.

Meski dilakukan percepatan pelantikan terhadap pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih hasil Pilkada Pematangsiantar 2020, Hefriansyah-Togar dipastikan akan tetap mendapat kompensasi sesuai sisa periodesasi masa jabatannya.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait