Terkait Peradilan Khusus Pilkada, Begini Kata Anggota Komisi II DPR Zulfikar

  • Whatsapp
Terkait Peradilan Khusus Pilkada, Begini Kata Anggota Komisi II DPR Zulfikar
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Zulfikar Arse Sadikin. (istimewa)

digtara.com – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Zulfikar Arse Sadikin menyampaikan pandangannya terkait pembentukan peradilan khusus Pilkada. Menurutnya, wacana ini tidak terlalu penting untuk dibahas saat ini. Terkait Peradilan Khusus Pilkada, Begini Kata Anggota Komisi II DPR Zulfikar

Peradilan khusus yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Pasal 157 Ayat (1) menyatakan perkara perselisihan hasil Pemilihan diperiksa dan diadili oleh badan peradilan khusus.

Dengan demikian, peradilan khusus sebagaimana yang dimaksud oleh Pasal tersebut adalah peradilan khusus yang hanya mengadili perkara perselisihan hasil Pemilihan.

“Karena hal itu sudah diatur dengan jelas oleh UU Nomor 10 Tahun 2016,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima digtara.com, Jumat (7/8/2020).

Untuk saat ini, lanjut Zulfikar, perkara perselisihan penetapan perolehan suara tahap akhir hasil Pemilihan diperiksa dan diadili oleh Mahkamah Konstitusi (MK), sampai dibentuknya badan peradilan khusus.

Baca: Nasdem Berharap Kadernya yang Jadi Pendamping Bobby di Pilkada Medan 2020

Masih ditangani MK

Pos terkait

Tinggalkan Balasan