Temukan C6 Tak Dibagikan, Tim AMAN: Ini Pelanggaran Terstruktur, Sistematis, dan Masif

Minggu, 13 Desember 2020 20:13
Subanto saat melakukan konferensi pers sembari memegang kertas C6 yang diduga tidak disebarkan kepada warga di kecamatan Medan Perjuangan

digtara.com – Tim pemenangan AMAN (Akhyar – Salman) menilai adanya pelanggaran yang terstruktur, sistematis, dan masif dalam penyelenggaraan pilkada Kota Medan. Hal itu berdasarkan temuan terkait surat C6 yang tidak dibagikan kepada warga di Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Medan Kota. Temukan C6 Tak Dibagikan

Hal itu disampaikan melalui Satuan Tugas Rekam, Lapor, Tangkap, dan Serahkan (RLTS), Subanto kepada wartawan saat melakukan konferensi pers di Rumah Pemenangan AMAN, Jalan Sudirman, Minggu (13/12/2020).

“Tadi malam saya begitu terkejut atas aduan dari warga dari Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Mesan Kota, yakni adanya surat C6 yang seharusnya dibagikan kepada pemilih hak suara. Tetapi pada praktiknya tidak dibagikan kepada semua orang,” ungkapnya.

“Saya ambil langsung dari rumah warga atas aduan masyarakat sekitar 21.00 Wib. Indikasinya terjadi pelanggaran Pilkada yang terstruktur, sistematis, dan masif,” sambungnya.

Subianto pun mengatakan tidak heran partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Medan rendah. Ia pun menilai KPU Medan sebagai penyelenggara pemilu dianggap tidak bisa bekerja secara maksimal.

Baca: Belum Kalah, Tim AMAN Beberkan 6 Catatan Soal Quick Count dan Dugaan Pelanggaran

“Seharusnya berdasarkan UU PKPU C6 yang tidak diserahkan kepada masyarakat diberikan kembali berjenjang ke atas, semisal dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Baru kemudian dibuat berita acara penyerahan C6 tersebut,” bebernya.

Laman: 1 2

Berita Terkait