Silang Pendapat Paslon 01 dan 02, Kala Pilkada Medan Digugat ke MK

  • Whatsapp
Silang Pendapat Paslon 01 dan 02, Kala Pilkada Medan Digugat ke MK
Foto hasil rekapitulasi suara di tingkat kota pilkada Medan. (goklas wisely)

digtara.com – Tim hukum pasangan calon (Paslon) Akhyar Nasution-Salman Alfarisi menanggapi pernyataan tim sukses Bobby Nasution-Aulia Rachman soal adanya gugatan pilkada Medan 2020. Pilkada Medan Digugat

Saat konferensi pers di Kopi Jolo, Medan, Sabtu (19/12/2020), jubir tim Paslon 02, Sugiat mengatakan gugatan Paslon 01 ke Mahkamah Konstitusi (MK) salah alamat. Pendapatnya, MK hanya menangani selisih perhitungan suara, bukan proses pilkada. Oleh karena itu, Sugiat yakin gugatan Paslon 01 akan ditolak MK.

Tim hukum Paslon 01, Ucok Lumban Gaol mengatakan pernyataan tersebut tidak boleh mendahului pendapat hukum. Dia menegaskan bahwa Paslon 02 hanya ingin menggiring opini.

Muat Lebih

“Mau ditolak atau tidak, itu lihat nanti. Pastinya kita gunakan fasilitas hukum yang ada,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Minggu (20/12/2020).

“Jangan mereka bilang bisa menjamin MK akan menolak gugatan kita, karena akan menjadi tanda tanya juga. Hukum itu prinsipnya Equality before the law, yaitu semua orang sama di hadapan hukum kan begitu,” tambahnya.

Baca: Timses Bobby-Aulia Sebut Gugatan Akhyar-Salman Ke MK Konyol

Diketahui, Paslon 01 mengajukan gugatan pada pilkada Medan 2020 terkait kekeliruan penghitungan hasil suara di 15 kecamatan. Selain itu, Ucok katakan ada upaya pembiaran dari pihak penyelenggara pemilu agar pemilih tidak mencoblos di lokasi tersebut.

“Terjadi eksodus yang memilih dengan menggunakan daftar pemilih tambahan (DPTb). Padahal sesuai undang-undang pemilu, pengguna DPTb itu harusnya penduduk di situ juga,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan