KPU Sabu Raijua Digugat, Pemerintah Diminta Cabut Kewarganegaraan Orient

  • Whatsapp
KPU Sabu Raijua Digugat Bupati Terpilih Sabu Raijua WN Amerika Serikat, Ini 5 Faktanya
Penampakan KTP Orient P Riwu Kore, Bupati kewarganegaraan Amerika Serikat. (FB/Mateos Marsel)

digtara.com – Gugatan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua, Takem Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba (TRP-HEGI), segera disidangkan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kupang, Nusa Tenggara Timur. KPU Sabu Raijua Digugat

Gugatan ini menyusul penetapan Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly, sebagai bupati dan wakil terpilih oleh KPU walaupun Orient berstatus warga negara Amerika Serikat.

Kuasa Hukum Takem-Hegi, Rudy Kabunang mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan persidangan dari PTUN Kupang.

Muat Lebih

“Terhadap gugatan kami di PTUN Kupang sudah dikeluarkan surat panggilan persidangan pertama, pada tanggal 3 Maret mendatang,” Kata Rudi, Senin, (22/2/2021).

Dengan dimulainya persidangan atas gugatan itu, Rudy meminta semua pihak terkait agar tidak mengeluarkan kebijakan apapun, yang berakibat pada keputusan hukum yang saling bertentangan.

Apalagi proses tersebut sedang digugat di Pengadilan Tata Usaha Negara.

Baca: KPU Sabu Raijua Digugat ke PTUN Kupang Terkait Orient P Riwu Kore

“Kami mengapresiasi tindakan Mendagri sehubungan rencana atau pembahasan tentang status kewarganegaraan. Sebagai masukan, sebenarnya tentang status kewarganegaraan sudah ada undang-undang yang mengatur hal tersebut,” Jelasnya.

Menurutnya, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 yang mengatur tentang Kewarganegaraan. Dalam undang-undang itu ada pasal yang mengatur tentang kehilangan kewarganegaraan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan