KPU Mulai Cetak Kertas Suara Pilkada Medan

  • Whatsapp
KPU Mulai Cetak Kertas Suara Pilkada Medan
Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin dan Komisioner KPU Medan M Rinaldi Khair memeriksa cetakan perdana surat suara Pilkada Medan. Surat suara itu dicetak di Percetakan yang berada di Bekasi, Jawa Barat. (Istimewa)

digtara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melaksanakan pencetakan kertas suara Pilkada Medan 2020. Kerta suara itu dicetak di Percetakan Temprina Media Grafika Bekasi Jawa Barat, Sabtu (7/11) sekitar pukul 12.40 WIB.

Kordinator Divisi Teknis KPU Medan, M Rinaldi Khair mengatakan, surat suara yang dicetak sebanyak jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan menjadi 1.643.175 lembar.

“Ditargetkan surat suara ini selesai dua hari. Selanjutnya surat suara dikirim naik tronton melalui jalan darat menuju Medan. Proses pengiriman dari percetakan sampai ke gudang Polonia KPU Medan akan berlangsung selama enam hari,” ujar Rinaldi, Senin (9/11/2020).

Muat Lebih

Rinaldi menyampaikan, surat suara yang dicetak itu diperkirakan tiba di gudang KPU Medan di gedung Andromeda ex Bandara Polonia Medan pada pekan depan. Setibanya di gudang nantinya surat suara dibongkar muat, kemudian dilaksanakan pelipatan surat suara.

Ia berharap mulai dari proses pencetakan surat suara hingga pendistribusian ke KPU Medan tidak mengalami kendala berarti, serta berjalan sesuai harapan.

BACA JUGA: Desain Tata Letak Surat Suara Foto Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia Disepakati

”Kita berharap surat suara pascacetak sampai di gudang kita, bisa tepat waktu, baik dalam waktu pengesetan dan pengepakan,” ungkapnya.

 

DIAWASI PETUGAS

Rinaldi menegaskan, ia dan Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin telah melihat dan meneliti surat suara Pilkada Medan yang dicetak perdana di percetakan tersebut. Mereka juga telah mencocokkannya dengan spesimen yang telah disepakati. Sehingga jika ada kekurangan kualitas cetakan maka akan dilaporkan pada pencetak guna diperbaiki.

“Sejauh ini belum ada masalah terkait pencetakan surat suara Pilkada Medan ini. Semuanya dicetak sesuai spesimen yang disepakati bersama dan disaksikan Bawaslu Kota Medan. Staf kita bersama petugas keamanan dan petugas dari Bawaslu juga terus mendampingi untuk melakukan pengawasan selama pencetakkan,” tukasnya.

Sebelumnya, KPU Kota Medan bersama tim pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan 2 M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman telah menyepakati desain foto dan nama di spesimen surat suara Pilkada Medan 2020 pada Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan