KPU Medan Ingatkan Cawalkot Patuhi Aturan Dana Kampanye

  • Whatsapp
KPU Medan Ingatkan Cawalkot Patuhi Aturan Dana Kampanye
KPU Medan Ingatkan Cawalkot Patuhi Aturan Dana Kampanye (istimewa)

digtara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan mengingatkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Medan untuk mematuhi aturan penggunaan dana selama kampanye. Aturan Dana Kampanye

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bidang Hukum KPU Medan, Zefrizal, Rabu (28/10/2020) di Kantor KPU Medan.

Zefrizal mengatakan batas maksimum dana kampanye telah ditentukan dalam rapat koordinasi bersama kedua Paslon.

Muat Lebih

“Batas maksimal Rp 36.247.264.800, ini yang boleh dikeluarkan masing-masing Paslon dalam momentum Pilkada 2020. Angka ini sudah dikoordinasikan dengan masing-masing Paslon baik LO maupun tim Paslon tentang logika anggaran yang digunakan masing-masing Paslon saat rakor,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya jikalau Paslon membandel dan menggunakan dana kampanye lebih dari itu, maka sanksi terberat adalah didiskualifikasi dari pencalonan. Adapun kualifikasi tersebut berdasarkan Pasal 53 PKPU Tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Terkait Dana Kampanye.

Baca: KPU Medan Siap Hadiri Sidang Gugatan di PN Medan

“Harapan kami pasangan calon dapat mematuhinya karena kalau ada yang lebih berdasarkan pasal 53 PKPU No. 12 Tahun 2020, sanksinya didiskualifikasi sebagai Paslon,” ucapnya.

Belum pernah ada yang Melanggar

Namun selama penyelenggaraan Pilkada di Kota Medan belum ada kasus Paslon yang menggunakan dana kampanye melebihi dari yang ditetapkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan