Besok Pendaftaran Pilkada Dibuka, Bawaslu Antisipasi Pelanggaran

  • Whatsapp
Soal Kerumunan Selama Pilkada, Polri: Sanksi Mengacu pada PKPU

digtara.com – Pendaftaran pasangan calon (paslon) kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020 akan mulai dibuka Jumat, 4 September 2020. Besok Pendaftaran Pilkada Dibuka, Bawaslu Antisipasi Pelanggaran

Ada 270 Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang akan membuka pendaftaran secara bersamaan.

Jelang pembukaan pendaftaran paslon tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga mempersiapkan diri. Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin mengingatkan jajaran agar mengantisipasi kerawanan berupa pelanggaran dan kecurangan.

Muat Lebih

“Pengawas harus menjaga agar tak terjadi kecurangan,” kata Afifuddin seperti dikutip dari Viva, Kamis, 3 September 2020.

Afif mengungkapkan, dalam tahapan pendaftaran bakal pasangan calon memiliki beberapa titik rawan yang harus diwaspadai secara bersama-sama. Maka ini yang harus diantisipasi oleh jajaran Bawaslu dalam mengawal proses pendaftaran tersebut.

“Titik kerawanan itu antara lain: berkas pencalonan dan syarat bapaslon tidak, belum lengkap, penyelenggara pilkada tidak transparan dan akuntabel dalam verifikasi syarat, adanya dokumen pencalonan dan dokumen syarat bapaslon tidak sah, serta adanya keterlambatan atau tidak dilaksanakannya putusan pengadilan atau keputusan pengawas pemilu terkait sengketa pencalonan,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan