Bahas Isu Keserasian Nasional-Daerah, Pengamat: Debat Ketiga Harus Konsen Atas Perubahan Teknologi

  • Whatsapp
Bahas Isu Keserasian Nasional-Daerah, Pengamat: Debat Ketiga Harus Konsen Atas Perubahan Teknologi
Bahas Isu Keserasian Nasional-Daerah, Pengamat: Debat Ketiga Harus Konsen Atas Perubahan Teknologi (istimewa)

digtara.com – Pengamat politik Universitas Sumatera Utara (USU), Warjio mengatakan bahwa untuk debat ketiga Pilkada Medan 2020 harus konsen terhadap perubahan teknologi saat membahas salah satu tema utama, yakni keserasian pembangunan nasional – daerah. Konsen Atas Perubahan Teknologi

“Untuk debat pertama dan kedua kemarin kan masih secara umum. Untuk debat ketiga seharusnya kita bisa konsentrasi terhadap pembangunan khususnya dari sisi perubahan teknologi,” jelasnya kepada digtara.com, Sabtu (5/12/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, baiknya dalam debat terakhir ini bagaimana membangun relasi antara pusat dan daerah penting sekali. Serta mengenai mentalitas birokrasi di samping isu kesehatan yang juga masih sangat diperlukan.

Muat Lebih

“Kita harapkan dari mereka bisa secara aplikatif bukan saja respon terhadap perubahan teknologi. Tetapi bagaimana mereka harus melakukan pendekatan-pendekatan serta respon terhadap teknologi. Serta sisi kesehatan, seperti masa pandemi ini kan tidak bisa kita prediksi,” jelasnya.

Adapun yang krusial untuk dibahas ialah lemahnya akses Sumut kepada pemerintah pusat. Alhasil, kue pembangunan sedikit didapatkan termasuk ke Medan. Oleh karena itu dibutuhkan kepala pemerintah yang memiliki pemahaman menyeluruh.

Baca: Debat Terakhir Pilkada Medan: Paslon Diuji Soal Keserasian Pembangunan Daerah-Nasional dan Persatuan NKRI

“Tentu dengan politik pembangunan visi misinya itu. Misalnya bagaimana hubungannya dengan DPR RI yang perwakilan Sumut, DPD, lembaga pemerintahan lainnya,” katanya.

“Selain itu, Medan sulit dipercayai karena punya pengalaman kepemimpinan yang korup. Oleh karena itu, pendekatan moralitas itu harus digali untuk bisa dikaitkan kepada calon kepala daerah,” tutupnya.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Bahas Isu Keserasian Nasional-Daerah, Pengamat: Debat Ketiga Harus Konsen Atas Perubahan Teknologi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan