Tolak Otsus Jilid II, Mahasiswa Papua Sumut: Itu Hanya Kepentingan Elite Daerah

  • Whatsapp
Tolak Otsus Jilid II, Mahasiswa Papua Sumut: Itu Hanya Kepentingan Elite Daerah
IMP Sumut menyatakan sikap menolak otonomi khusus (otsus) jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru di Papua. (istimewa)

digtara.com – Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumut menyatakan sikap menolak otonomi khusus (otsus) jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru di Papua. Tolak Otsus Jilid II, Mahasiswa Papua Sumut: Itu Hanya Kepentingan Elite Daerah

Juru Bicara IMP Sumut, Daniel Wandik mengatakan hal itu disebabkan sampai saat ini Otsus tidak memberikan kesejahteraan kepada rakyat di Papua.

“Selama ini implementasinya gagal dilakukan oleh pemerintah daerah beserta jajarannya. Dan beberapa waktu ini mau dilanjutkan lagi,” jelasnya kepada digtara.com usai gelar diskusi mengenai otsus Papua jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru, di Jalan Dr Mansyur, Padang Bulan Medan, Kamis (25/2/2021).

Muat Lebih

Dari Otsus ini sendiri sudah menyatakan semua hak ada di tangan rakyat. “Namun hal itu tidak berhasil karena tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Makanya kami tolak,” tegasnya.

Menurutnya, sejarah otsus awalnya diberlakukan karena masyarakat Papua sebelumnya ingin lepas dari Indonesia.

Sehingga saat itu, pemerintah pusat memberikan pertimbangan dengan memilih memberlakukan Otsus pada Papua.

“Namun prakteknya, seakan-akan kebijakan Otsus ini dibuat hanya untuk mengambil sumber daya alam Papua dan mensejahterakan rakyat. Saya harap dalam hal ini, pemerintah harus melihat dari bawah, bukan berdasarkan kepentingan para elite politik pemerintah daerah yang ingin Otsus dilanjutkan. Karena sebenarnya, kebijakan itu hanya untuk kepentingan elite daerah dan bukan masyarakat,” ucapnya.

Maka dari itu, IMP Sumut menyatakan sikap bahwa menolak Otsus jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru di Papua. Selain itu IMP Sumut juga mengajukan 14 tuntutan, yakni:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan