Ternate dan Sumbawa Diguncang Gempa Tektonik M 5,8

Kamis, 16 April 2020 10:27
Ilustrasi

digtara.com – Ternate dan Sumbawa pagi ini diguncang gempa tektonik berkekuatan M 5,8 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, Kamis (16/4/2020) dini hari tadi pukul 04.03 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), episenter gempa ini terletak pada koordinat 1,13 LU dan 126,69 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 85 kilometer arah Barat Daya Ternate, Maluku Utara pada kedalaman 38 kilometer.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi diduga akibat adanya penyesaran pada Lempeng Laut Maluku,” kata Rahmat Triyono, MSc, selaku Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar mendatar atau strike slip fault.

Sementara itu, dampak dari guncangan besar ini terjadi beberapa wilayah dengan skala intensitas getaran yang bervariasi.

Di wilayah Ternate, Pulau Mayu, dan Sofifi getaran dirasakan dengan intensitas III-IV MMI, di mana getaran dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah.

Dan di luar dirasakan oleh beberapa orang, serta menyebabkan gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Di wilayah Galela dan Manado, getaran berskala intensitas III MMI, dirasakan nyata dal rumah dan terasa seakan ada truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gempa Hari Ini: Pagi Ini Maluku Utara dan Sumbawa Diguncang Lindu”

Berita Terkait