Sesosok Jasad Wanita Ditemukan Nelayan Mengambang di Sungai Tanjung Pura

Senin, 09 Januari 2023 15:56

Digtara.com – Nelayan Tanjung Pura menemukan jasad seorang perempuan mengapung di aliran Sungai Batang Serangan Paluh Madinah, Dusun IV Paluh Merbau, Desa Pematang Cengal, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Minggu (8/1/23) sekira pukul 08.00 WIB.

Kasi Humas Polres Langkat, AKP. Joko Sumpeno, Senin (9/1/23) mengatakan bahwa sesosok jasad perempuan yang ditemukan warga itu diketahui bernama Poniseh (49) warga Lingkungan V Sido Sari Amor, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Dari keterangan para saksi yang pertama kali menemukan jasad korban yakni Mahturidi (39) warga Dusun II Paluh Nipah Desa Pematang Cengal Kecamatan Tanjung Pura dan M.Yusuf (42) warga Dusun III Bagan Udang Desa Pematang Cengal Kecamatan Tanjung Pura awalnya mereka kaget saat melihat ada sesosok jasad perempuan yang mengambang pada saat mereka baru pulang melaut.

Kronologis penemuan mayat tersebut bermula pada hari Minggu (8/1/2023 sekira pukul 08.00 WIB Kapolsek Tanjung Pura mendapat informasi dari warga masyarakat tentang adanya mayat ditemukan di aliran Sungai Batang Serangan Paluh Madinah Desa Pematang Cengal Dusun IV Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura.

Selanjutnya atas perintah Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman kepada Kanit Reskrim Iptu Hermawan SH beserta anggota untuk melakukan cek TKP.

Setibanya di TKP warga masyarakat sudah mulai ramai melihat jasad korban. Hasil pengecekan TKP dari keterangan saksi Mahturidi menerangkan bahwa pada saat dirinya melintas dari arah laut hendak pulang ke rumahnya, saksi melihat korban sudah terhanyut di aliran Sungai Paluh Madina Desa Pematang Cengal.

Kemudian saksi langsung berinisiatif untuk meminggirkan jasad korban ke pinggiran sungai agar tidak terbawa arus sungai.

Kemudian saksi memberi tahukan kepada warga lainnya supaya korban dapat diamankan dan kemudian korban ditarik menggunakan seutas tali kepinggir sungai.

Selanjutnya jasad korban diangkat oleh personil Polsek Tanjung Pura dibantu oleh warga masyarakat ke tepi pinggiran sungai. Kemudian jasad korban dibawa ker Rumah Sakit Umum Tanjung Pura dengan menggunakan mobil Ambulance untuk dilakukan VER.

Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga korban bernama Suhardi (49) warga Lingk.V Sidosari Amor Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang menerangkan bahwasanya korban memiliki riwayat penyakit Depresi sejak ditinggal oleh suaminya sejak tahun 1998 setelah melahirkan anak yang ke dua

Berdasarkan keterangan lebih lanjut dari keluarga korban bahwa korban Poniseh sering keluar rumah tanpa tujuan namun ianya masih ingat pulang karena korban tinggal bersama dengan anak kandungnya.

“Korban juga diketahui jarang berinteraksi dengan warga masyarakat,” ujar Joko.

Dari kesimpulan diduga korban meninggal dunia pada hari Minggu (08/1/23) sekira pukul 08.00 WIB dan korban meninggal dunia diduga terbawa arus sungai atau terhanyut dari aliran sungai Batang Serangan Paluh Madina Desa Pematang Cengal Dusun IV Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura.

Dari hasil VER sementara yang dilakukan oleh dokter RSUD Tanjung Pura, dari tubuh korban tidak ada ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan dan juga tidak ada barang berharga milik korban yang hilang.

“Intinya, korban meninggal dunia akibat terbawa arus/terhanyut dari aliran Sungai Batang Serangan Paluh Madina Desa Pematang Cengal Dusun IV Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura,” ujarnya.