Salat Idul Adha dan Kurban di Deliserdang Boleh, Takbir Keliling Dilarang, Ini Aturannya

Kamis, 15 Juli 2021 10:30
istimewa
Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan

digtara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang, masih memperbolehkan kegiatan perayaan Idul Adha dengan semua ritualnya seperti salat berjamaah dan kurban. Hanya saja, perayaan itu mesti sesuai rambu-rambu yang sudah ditetapkan.

Aturannya ada dalam Surat Edaran (SE) Bupati Deliserdang, No 451/2207, tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Salat Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi dan Pelaksaan Kurban di Masa Pandemi Covid-19.

“Pelaksanannya harus sesuai surat edaran yang dikeluarkan bupati,” kata Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Deliserdang, Citra Effebdi Capah, Kamis (15/7/2021).

Pada poin pertama dalam surat edaran yang diteken Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan itu dijelaskan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha, pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan musala. Ketentuannya, dilaksanakan secara terbatas, paling banyak 10 persen dari kapasitas masjid atau musala dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kegiatan takbir keliling dilarang untuk menghindari keramaian atau kerumunan. Tapi, takbiran bisa disiarkan secara virtual dari masjid atau musala sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid atau musala tersebut.

Poin kedua, pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi bisa dilaksanakan di lapangan atau di masjid/musala di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, atau di luar daerah Zona Merah dan oranye, berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat.

Poin ketiga, dalam hal Salat Hari Raya Idul Adha dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid, wajib menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, dengan ketentuan Salat Hari Raya Idul Adha dilaksanakan sesuai rukun, salat dan penyampaian khutbah Idul Adha secara singkat, paling lama 15 menit.

Laman: 1 2

Berita Terkait