Polda NTT Siapkan Pasukan Berkuda untuk Layani Masyarakat

Senin, 13 September 2021 10:00
foto: istimewa
Kapolda NTT meninjau kuda-kuda yang akan digunakan untuk pasukan berkuda

digtara.com – Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH MHum kembali melakukan terobosan dengan menyiapkan pasukan berkuda untuk melayani masyarakat.

“Polda (NTT) ini simbolnya kuda, namun hingga saat ini belum memiliki kuda,” ujar Kapolda NTT, Senin (13/9/2021) di Mapolda NTT.

“Untuk itu, saat ini kami sedang siapkan Polda NTT punya pasukan berkuda,” tambah jenderal polisi bintang dua ini.

Dalam rangka mewujudkan rencana tersebut, Polda NTT sedang menyiapkan 8 ekor kuda dan membangun tempat penampungan kuda di dekat Lanudal Kupang.

“Nanti (kuda-kuda) akan kita tampilkan untuk pelayanan kepolisian,” ujar Kapolda NTT.

Baca: Senyum Ceria Warga saat Dikunjungi Kapolda NTT

Pada Sabtu (11/9/2021), Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH MHum meninjau pembuatan tempat perawatan dan kandang (ranch) kuda Polda NTT di hanggar Pol Udara Ditpolair Polda NTT.

Kapolda NTT mengatakan bahwa tujuan pembuatan tempat perawatan dan kandang ranch kuda Polda NTT adalah dalam rangka rencana pembentukan pasukan satwa berkuda Polda NTT.

“Pembuatan ranch kuda Polda NTT ini dalam rangka pembentukaan pasukan satwa berkuda di wilayah hukum Polda NTT. Pasukan satwa berkuda ini akan melaksanakan patroli di wilayah hukum Polda NTT baik di perkotaan maupun menjangkau wilayah pedesaan,” ujar Kapolda NTT.

Patroli berkuda ini akan sangat bermanfaat mengingat sebagai wilayah pedesaan yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dapat menggunakan kuda.

“Kuda yang ada di Ditsamapta Polda NTT ini selain diperuntukan dalam tugas penjagaan, patroli dan pengawalan, dalmas (pengendalian massa), juga dilibatkan dalam SAR saat ada kegiatan,” tandasnya.

Saat Kapolda mengecek, kondisi Kuda patroli tersebut di bawah pengawasan dan perawatan unit Satwa Ditsamapta Polda NTT itu dalam keadaan sehat dan siap untuk bertugas memantau Kamtibmas.

Berita Terkait