Manokwari Dilanda Banjir Bandang dan Longsor

Minggu, 29 Desember 2019 13:35

digtara.com | MANOKWARI – Pasca hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Jumat 27 Desember 2019 dari pukul sekira 15.00 hingga 21.00 WIT.

Hal itu mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Isma dan Irmus, Distrik Sidey, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Agus Wibowo, Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, tadi malam banjir setinggi 1 meter menggenangi 28 unit rumah warga dan terjadi tanah longsor. Jalan Trans Papua Barat tertimbun sehingga transportasi warga menuju Distrik Amberbake dan Abun, serta ke Kabupaten Sorong terganggu.

“Tak ada korban meninggal dan hanya 28 KK yang terdiri dari 169 jiwa terdampak banjir,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (29/12/2019).

Pagi ini sekitar jam 09.00 WIT, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, beserta Dinas PUPR, Dinas Terkait, TNI, Polri, dan masyarakat sudah turun ke lapangan serta mengerahkan peralatan berat untuk membersihkan material tanah longsor dan kayu. BPBD juga sudah memasang tenda di lapangan dan mengerahkan bantuan logistik untuk membantu warga terdampak.

Derek menambahkan, pada sore hari jalan sudah bisa dibuka dan dilalui kendaraan. Pada siang harinya, warga sempat menutup jalan dan menuntut pemerintah agar segera memperbaiki jalan dan minta Gubernur dan Bupati meninjau lokasi banjir dan tanah longsor.[oke]

Berita Terkait