Imbas Kebijakan Arab Saudi, 8 Ribu Calon Jamaah Haji Sumut Batal Berangkat

Jumat, 04 Juni 2021 15:29
alvi/digtara
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara (Kakanwil Sumut), Syahrul Wirda

digtara.com – Sebanyak 8 ribu calon jamaah asal Sumatera Utara (Sumut) tahun ini resmi batal berangkat haji tahun 2021. Itu terjadi sebagai imbas dari kebijakan pemerintah Arab Saudi yang dikuatkan dengan ketetapan Mentri Agama RI

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara (Kakanwil Sumut), Syahrul Wirda mengatakan jumlah tersebut merupakan calon jamaah haji yang batal berangkat pada tahun 2020 lalu.

“Yang berangkat itu seharusnya tahun 2020, bukan 2021. Jumlahnya sekitar 7 ribu hingga 8 ribu jamaah,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Syahrul menerangkan, alasan pemerintah membatalkan penerbangan haji tahun ini disebabkan 2 hal. Pertama akibat pandemi Covid-19. Kedua, arab saudi sampai saat ini belum menetapkan kebijakan negara yang bisa melaksanakan haji itu.

Saat ini, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang kemungkinan-kemungkinan terjadinya pembatalan berangkat haji.

Ia juga memperbolehkan apabila calon jamaah batal pergi untuk menarik kembali uangnya. Namun Syahrul meminta kepada masyarakat untuk tetap menahan diri dan tidak menarik uang tersebut.

“Uang itu boleh diambil kembali. Tapi sebaiknya jangan diambil, karena tentu akan memperlama proses keberangkatan haji apabila mendaftar kembali,” tandasnya