Hari Ini, 3 Gempa Guncang Indonesia, Maluku Tengah, Pidie Jaya dan Bengkulu

  • Whatsapp
Dompu NTB dan Berau Kaltim Diguncang Gempa
gempa bumi (ilustrasi)

digtara.com – Ada tiga gempa yang dilaporkan mengguncang wilayah Indonesia pada Sabtu (30/1/2021). Hingga pukul 20.00 WIB, gempa tersebut terjadi di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Maluku Tengah, dan Pidie Jaya, Aceh. 3 Gempa Guncang Indonesia

Gempa pertama di Maluku Tengah dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi siang tadi, pukul 12:17:18 Wib.

Berada di kedalaman 13 kilometer, gempa terjadi di darat dengan kekuatan magnitudo 5,4.

Muat Lebih

Berikutnya gempa sambangi Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Saat gempa magnitudo 4,5 terjadi, getarannya dirasakan hingga Takengon III MMI (Modified Mercalli Intensity) dan Bener Meriah III MMI.

Gempa ketiga terjadi di Seluma, Bengkulu. Gempa bermagnitudo 5,3 tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 30 kilometer.

Guncangannya bahkan terasa hingga kesejumlah wilayah. Yaitu Kota Bengkulu IV-V MMI, Manna IV-V MMI, Seluma IV-V MMI, Bengkulu Selatan IV-V MMI, Kepahiang IV MMI, Muko Muko III MMI, Argamakmur III MMI, dan Oku Selatan III MMI.

Baca: Tinjau di Sulbar, Jokowi: Bangunan yang Ambruk Karena Gempa Akan Dibangun

Daerah berikutnya yang ikut merasakan getaran gempa adalah Liwa, Sekincau, Lampung Barat, dan Rejang Lebong. Hingga berita ini ditulis belum ada informasi terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan