Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Lima Desa di Lembata Dilanda Hujan Debu

Sabtu, 31 Juli 2021 22:45
ist
Gunung Ile Lewotolok Erupsi.

digtara.com – Hujan pasir dan debu menerjang lima desa di kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (31/7/2021). Gunung Ile Lewotolok Erupsi

Badai ini diakibatkan oleh aktivitas erupsi gunung api Ile Lewotolok yang terus terjadi. Lima desa yang diterjang hujan pasir adalah, Waowala, Tanjung Batu, Amakaka, Lamawara dan Bunga Muda. Kelima desa ini berada di kecamatan  Ile Ape.

Masyarakat yang panik langsung menyelamatkan diri dalam rumah masing-masing. “Sebelum hujan pasir terdengar bunyi dentuman dan gemuruh diatas gunung,” kata Berto (45), salah seorang warga Desa Bunga Muda.

Plt Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, Sabtu (31/7/2021) malam mengatakan hujan pasir terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Selain itu, hujan deras juga terjadi di puncak gunung api Ile Lewotolok.

“Semoga api yang membakar vegetasi di atas gunung cepat padam. Semoga juga hujan diatas puncak gunung tidak sebabkan banjir lahar dingin,” ungkap Thomas.

Menurutnya, camat beserta BPBD Kabupaten Lembata sedang berkeliling desa di sekitar gunung agar tidak panik, namun tetap waspada.

Laman: 1 2

Berita Terkait