Gempa 6,1 Magnitude Guncang keerom Papua

(Screenshott informasi gempa di keerom papua, ( Sumber : BMKG ))

Papua, Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter mengguncang Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Gempa yang begitu kuat itu membuat masyarakat berhamburan keluar rumah.

“Gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Keerom. Masyarakat panik dan keluar dari bangunan atau rumah,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Minggu (16/12/2018).

Ia mengatakan belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat gempa. Pusdalops BPBD Papua melaporkan keadaan aman dan terkendali, sehingga Sutopo meminta masyarakat tetap tenang.

Muat Lebih

“Masyarakat di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Pegunungan Bintang diimbau agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita yang tidak benar (hoaks),” katanya.

Sebelumnya, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, diguncang gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter, pada Minggu (16/12/2018), pukul 16.42.36 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya, @InfoBMKG, menyebutkan pusat gempa berada pada kedalaman 106 kilometer.

Posisi pusat gempa berada pada 52 km barat daya Keerom, atau pada koordinat 3,78 Lintang Selatan dan 140,57 Bujur Timur.

“Tidak berpotensi tsunami,” demikian pernyataan BMKG.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan