Dampak Erupsi Sinabung, 2 Kecamatan Terkena Hujan Abu Vulkanik

  • Whatsapp
Dampak Erupsi Sinabung
Langit tampak gelap di dua kecamatan yang terdampak erupsi Gunung Sinabung (alvi/digtara)

digtara.com – Dampak dari erupsi Gunung Sinabung sejauh 5.000 Meter menyebabkan 2 Kecamatan di Kabupaten Karo dilanda hujan abu vulkanik disertai pasir, Selasa (2/3/2021).

“Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh terkena dampak dari hujan abu,” ujar Kalaksa BPBD Karo Natanail Peranginangin kepada digtara.com melalui pesan singkat.

Dikatakannya, sedikitnya 17 desa di Tiganderket terkena dampak abu vulkanik, sedangkan sebagian lagi desa yang berada di Kecamatan Kutabuluh.

Muat Lebih

“17 desa di Kecamatan Tiganderket, dan sebagian di Kecamatan Kutabuluh,” katanya.

Saat ini aktifitas erupsi Gunung Sinabung masih berlanjut. Warga yang masih terkena dampak masih bertahan dirumah dengan harapan agar hujan abu vulkanik segera berakhir. Pihak BPBD juga melakukan operasional pembersihan terhadap dampak dari abu vulkanik.

Natanail menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah mengingat aktifitas erupsi Gunung Sinabung masih berlangsung. Apabila ingin berpergian keluar rumah, tetap menggunakan masker.

“Agar tidak masuk ke zona merah Sinabung, warga yang terdampak abu vulkanik dihimbau mengurangi aktifitas di luar, dan tetap memakai masker,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo hari ini tercatat mengalami erupsi luncuran awan panas disertai material sejauh 5.000 meter.

Selain mengeluarkan abu vulkanik, Gunung Sinabung juga memuntahkan awan panas sejauh 4.500 meter ke Tenggara dan Timur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan