Banjir Rendam Dua Desa di Sumba NTT, Tim SAR Siaga di Lokasi

Selasa, 28 Desember 2021 15:26
ist
Tim SAR disiagakan di lokasi banjir

digtara.com – Hujan intensitas tinggi mengguyur beberapa wilayah di Pulau Sumba, NTT, Senin (27/12/2021) hingga Selasa (28/12/2021). Akibatnya, banjir merendam puluhan rumah di dua desa.

Desa yang terdampak adalah Desa Umbu Langgang, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dan Desa Padiratama, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Tim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang pun siaga memantau situasi dan mengantisipasi korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer,S.E.,M.M melalui Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Saidar Rahmanjaya, SH MAP memerintahkan satu Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu berjumlah 7 orang menggunakan 1 unit Rescue Car, satu Rescue Car Box dan Rubber Boat dilengkapi Palsar Air lainnya menuju lokasi kejadian, guna melaksanakan dan mengantisipasi adanya permintaan bantuan evakuasi apabila sewaktu-waktu terjadi banjir lagi.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang menerima informasi dari Timotius Kalikuta (Kalak BPBD Sumba Tengah) tentang bencana banjir akibat meluap sungai Langgaliru.

Luapan sungai ini berdampak menggenangi perumahan masyarakat di 2 desa Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dan Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, NTT.
Pada Senin (27/12) pukul 18.59 Wita terjadi intensitas hujan tinggi dan menyebabkan air sungai Langgaliru dan kali Pamalar meluap.

Hal ini menyebabkan banjir yang merendam pemukiman masyarakat di beberapa wilayah di Kabupaten Sumba Tengah.
Basarnas berkoordinasi dengan instansi potensi SAR. “tidak ada korban jiwa dan kerusakan material,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer, SE MM melalui Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Selasa (28/12/2021).
Pukul 23.18 wita Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu ke kantor camat Umbu Ratu Nggay.

Tim langsung berkoordinasi dengan Sekcam.

Selanjutnya Tim SAR gabungan langsung menuju lokasi banjir bersama sekcam umbu Ratu Nggay.

Hasil pemantauan di lapangan , hujan sudah reda. Hingga pada pukul 00.25 wita genangan air sudah mulai surut.

Laman: 1 2

Berita Terkait