8 Unit Rumah di Sibolga Diterjang Tanah Longsor

Selasa, 15 Oktober 2019 12:55

digtara.com | TAPTENG – Hujan dengan intensitas tinggi melanda Sibolga – Tapanuli Tengah, akibatnya terjadi longsoran tanah di 4 titik ruas jalan nasional Sibolga-Barus menuju Provinsi Aceh (NAD)

Longsor yang terjasi sekitar jam 5 sore di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, selain menutup ruas jalan, juga merusak 8 unit rumah yang berada di sekitar longsoran.

Rahmat salah seorang yang rumahnya rusak menuturkan saat hujan, air mengalir deras sehingga menggenangi rumahnya, dan air menggenangi pondasi rumah amblas dan seiring dentuman tanah berjatuhan di ruas jalan.

“Mungkin karena nggak kuat nahan tekanan air itu, makanya longsor, kemudian saat rumah kami longsor, tanah dan batang pohon berjatuhan, untung kami selamat,” ucapnya kepada Digtara.com.

Hanya pakaian yang dapat terselamatkan, sedangkan barang – barang lainya rusak di akibatkan reruntuhan rumah.

Tanah longsor yang terjadi di kecamatan Tapian Nauli membuat akses jalan terhenti untuk sementara, satu alat berat dan beberapa mesin potong milik BPBD Tapteng dikerahkan untuk menyingkirkan material tanah longsor berupa batang pohon.

Camat Tapian Nauli Renaldi menghimbau masyarakat pengguna jalan untuk tetap waspada dikarenakan masih di khawatirkan akan terjadi longsor susulan mengingat beberapa kali terdengar suara gesekan tanah dari puncak gunung.

“Kami menghimbau untuk pengguna jalan untu tetap berhati – hati melintas dari jalur ini, diperkirakan akan terjadi longsor susulan jika hujan terus melanda, dalam kejadian ini hanya 8 unit rumah yang rusak, serta beberapa tiang listrik yang tumbang,” ujar Renaldi.

Berita Terkait