Mengatasi Aki Kering Mobil Drop, Coba Cara Ini

  • Whatsapp
Mengatasi Aki Kering Mobil Drop, Coba Cara Ini
Ilustrasi (internet)

digtara.com – Menggunakan aki kering di mobil memang memiliki efek dalam perawatan yang mudah karena aki jenis ini terbilang bebas dari perawatan. Mengatasi Aki Kering Mobil

Akan tetapi tetap saja aki yang digunakan bisa saja mengalami masalah, atau listrik yang dihasilkan menurun (drop) dan berpengaruh terhadap kelistrikan di mobil.

Sebelum mengganti aki kering yang drop, tidak ada salahnya untuk mencoba mengakalinya terlebih dahulu.

Muat Lebih

Auto2000 menyebutkan ada tujuh tahap yang harus dilalui oleh pemilik mobil yang ingin memperbaiki aki kering yang drop.

Sebelum melakukan perbaikan, ada sejumlah peralatan yang dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari air aki, isolasi berukuran besar, pisau atau gergaji besi, obeng plus, obeng minus, suntikan, kain lap, dan Lem.

Setelah perlengkapan siap, bisa dimulai dari:

1. Melepas Aki Kering dari Mobil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki kering dari mobil. Pertama, lepaskan kutub positif di bagian aki, kemudian baru kutub negatif.

Jangan sampai Anda melepas kutub negatif terlebih dulu. Jika melakukan hal itu, akan muncul percikan api dan aliran listrik. Tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan Anda.

2. Bersihkan Permukaan Aki Kering

Aki kering yang sudah terlepas bisa langsung dibersihkan dari debu dan kotoran. Tidak dapat dimungkiri kondisi aki kering termasuk gampang kotor karena berada di bagian mesin. Pembersihan ini berguna agar tidak ada kotoran yang ikut masuk ke dalam aki saat proses perbaikan.

3. Buka Tutup Cover Aki Kering

Sekarang Anda bisa membuka tutup cover dari aki kering yang ada di bagian atas. Manfaatkan pisau atau gergaji besi yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Anda dapat kembali menggergaji bagian atas dengan tulisan “Do Not Open”. Begitu juga untuk bagian samping dan belakang dari penutup aki. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri dan komponen aki lainnya.

4. Isi Aki dengan Air Aki

Sekarang waktunya mengisi aki dengan air aki yang telah Anda beli di toko otomotif. Siapkan air aki, suntikan, dan kain lap untuk memulai proses pengisian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan