Ini Dia Mobil Jokowi yang Terobos Banjir di Kalimantan

  • Whatsapp
mobil jokowi
Mobil Toyota land Cruiser 200 yang digunakan Presiden Jokowi dalam balutan warna silver (atas). Rombongan Presiden Jokowi menembus banjir yang hampir menggenangi separuh body mobil (foto:int/digtara)

Sekilas Toyota Land Cruiser 200

Jokowi menggunakan Toyota Land Cruiser 200 sebagai mobil dinas selama berada di Kalimantan Selatan.

“Benar. Land Cruiser 200 yang digunakan ialah bermesin diesel 4.461 CC karena dari TAM line-upnya itu. Sementara kalau Prado, kami sudah tidak impor belakangan ini,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com, Senin, (18/1/2021).

mobil jokowi
Toyota Landcruiser 200 seharga Rp2,4 M. foto:int/digtara

Land Cruiser yang digunakan Jokowi merupakan tipe tertinggi tipe 200 Full Spec. Harganya sendiri mencapai Rp 2.444.950.000, selisih Rp 336 jutaan dari tipe terendah.

Muat Lebih

Adapun pada dapur pacu mobil, Land Cruiser 200 telah dibekali mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 CC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi maksimum 62,8 Ps pada 2.200 rpm.

Mobil juga disematkan suspensi depan dengan sistem Double Wishbone with coil spring & stabilizer serta suspensi Belakang 4 Link coil spring.

Sehingga, kendaraan sangat stabil dipakai di jalur semi offroad dan nyaman.

Apalagi, Land Cruiser 200 sudah dilengkapi fitur keamanan Dual Front SRS Airbags, corner dan Parking Sensor, ABS, ABS + EBD, dan Hill Start Assist Control.

Camera Control juga tersedia, Alarm System, Keyless Entry, Auto Lock System dan Key Smart.

Masih Aman Karena Tinggi dan Berat

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan memang beberapa mobil bisa menerobos banjir, meski mobil tidak dirancang untuk berjalan di air.

“Ada beberapa spesifikasi mobil yang saat menerobos banjir masih aman, seperti: secara fisik dia tinggi, beberapa komponen dan materialnya heavy duty, memiliki bobot yang berat sehingga tidak mudah terbawa arus juga bannya sesuai dengan medannya, misalnya: ban AT (all terrain),” jelas Sony kepada detikOto, Selasa (19/1/2021).

Namun, Sony mewanti-wanti tidak semua banjir diterobos. “Hanya kondisi terpaksa dan setelahnya harus di check di bengkel terkait,” sebutnya.

Sementara itu, Sony juga menyoroti keahlian Paspampres yang mengemudikan mobil Jokowi. Menurutnya, Paspampres tersebut sudah terlatih secara berkala.

“Kalau mereka bilang terabas, berarti sudah dengan pertimbangan yang matang. Kita tahu Paspampres adalah prajurit pilihan/terbaik. Dan saya tahu banget, karena saya salah satu instruktur yang pernah ditunjuk untuk melatih mereka,” ucapnya.

“Arah dan tujuannya jelas sudah dipetakan, plan A, B dan C-nya. Terutama pertimbangan kendaraan tersebut bisa aman menerabas rintangan-rintangan yang ada,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan