Calon Ketua Asosiasi Futsal Asahan Wajib Harus ‘Setor’ 15 Juta, Kok Gitu Ya?

ketua asosiasi
Suasana sosialisasi Kongres AfKab Asahan (istimewa/digtara)

digtara.com – Sosialisasi Kongres Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKab) Asahan di Aula Kodim 0208/As, Jumat (22/1/2021), menuai banyak kritikan menyusul pernyataan soal biaya kontribusi sebesar Rp15 juta bagi calon ketua asosiasi tersebut.

Bermula dari pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Ade, yang mengatakan salah satu syarat untuk menjadi Ketua AFKab Asahan wajib menyerahkan kontribusi kepada panitia sebesar Rp15.000.000. Atas pernyataan ini Ketua Asosiasi Futsal Kecamatan (Afkec) Kisaran Barat Gofur merasa dana tersebut terlalu besar, meskipun penyerahan dana tersebut dilengkapi dengan kwitansi.

“Kalau biayanya 3 juta, saya akan maju sebagai calon ketua AFKab Asahan, tapi kalau 15 juta saya tidak sanggup,” ujar Gofur.

Ketua Afkec Kisaran Timur Andy Nambel menanyakan tentang dasar aturan pelaksanaan kongres pemilihan ketua AFKab periode 2021-2025.
“Kita mengikuti aturan yang dibuat oleh Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Utara dari hasil kongres tahun 2020,” jawab Ade selaku ketua komisi pemilihan.

Di tempat yang sama salah seorang pengurus Club Hessa Putri Wahyu Trihartadi mengatakan beda kewajiban dan kontribusi.
“Kalau kontribusi adalah partisipasi dari calon ketua kepada panitia pemilihan, saya berharap biaya sebesar itu tidak diterapkan. Kalaupun diterapkan harus jelas dana tersebut untuk apa, sedangkan infonya panitia masih menunggu dana kegiatan dari Provinsi,” tegas Wahyu.

Selain melontarkan syarat pencalonan berupa uang tersebut, Ketua Komisi Pemilihan AFKab Asahan juga mengatakan jumlah voters pada kongres nanti sebanyak 49 yang terdiri dari 25 Afkec dan 24 club binaan AFKab dan Afkec. Sedangkan bakal calon yang akan mencalonkan diri jadi ketua harus memiliki dukungan minimal 8 voters.

“Setelah sosialisasi, kita membuka pendaftaran sampai tanggal 26 Januari 2021 pukul 23:59 wib”, ujar Ade.

Selanjutnya verifikasi berkas pada 27 Januari 2021 dan dilanjutkan dengan sidang penetapan oleh Ketua Komisi Pemilihan.

Pada tanggal 28 Januari 2021 banding permohonan calon, sedangkan sidang bandingnya pada tanggal 29 oleh ketua dan anggota komisi banding.

Sedangkan Kongres AFKab Asahan periode 2021-2025 akan berlangsung pada 30 Januari 2021. Proses banding penetapan setelah adanya ketua terpilih sejak 31 Januari hingga 6 Februari 2021.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar