Waspada! Suhu Udara saat Siang di NTT 34 Derajat Celsius

Selasa, 26 April 2022 08:27
internet
Ilustrasi

digtara.com РKepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi, menyebut, suhu maksimum pada siang hari ini di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), tercatat 34 derajat celsius. Suhu Udara Siang NTT 

Menurutnya, udara terasa sangat terik pada siang hari, karena tutupan awan yang kurang.

“Berdasarkan pantauan citra satelit memang menunjukkan, pada siang hari tutupan awan di wilayah NTT relatif kurang,” kata Agung, Selasa (26/4/2022).

Agung mengatakan, pada saat cuaca cerah kurang awan, wilayah dengan suhu tinggi dan kelembapan udara rendah akan merasakan cuaca panas-kering (terik).

Baca: Dua Pemerkosa Gadis Disabilitas di Kupang Dibekuk, Satu Pelaku Buron

Hal ini lanjut dia, disebabkan pancaran radiasi matahari diterima maksimum oleh permukaan bumi.

Dengan kondisi suhu udara pada siang hari tercatat cukup panas dan kelembapan udara relatif cukup rendah, sehingga udara akan terasa kering dan panas.

Berkurangnya tutupan awan terutama di wilayah Indonesia bagian selatan termasuk di wilayah NTT ini disebabkan wilayah ini tengah berada pada masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau.

“Rata-rata semua wilayah NTT kondisinya sama, yakni akan terasa terik di siang hari,” ujar Agung.

Transisi musim itu lanjut dia, ditandai oleh mulai berhembusnya angin timuran dari Benua Australia (Monsun Australia) terutama di wilayah bagian selatan Indonesia.

Laman: 1 2

Berita Terkait