Walikota Tebingtinggi: Pipa Biopori Menjamin Air Bersih

Sabtu, 28 September 2019 15:06

digtara.com | TEBINGTINGGI – Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan membuka pencanangan pembuatan lubang resapan Biopori, di TPA lama Kota Tebingtinggi, Jumat (27/9).

Walikota mengatakan ini merupakan kegiatan yang harus kita sukseskan dan kita selenggarakan untuk terjaminnya masa depan anak/cucu kita. Dan digaskannya bahwa urusan air bersih, sampah dan sanitasi merupakan urusan pokok pemerintah Kabupaten dan Kota, bukan urusan pemerintah pusat.

“Pembuatan biopori yang kita lakukan ini adalah salah satu tujuannya untuk menjamin air bersih kita ada, karena kalau semua lahan ditutup dengan semen atau sejenisnya yang menyebabkan air hujan tidak masuk maka ketersedian air bersih kita akan berkurang, saat sekarang ini ketersediaan air bersih 87,5%, bersih belum tentu aman,” terang Umar.

Kepada seluruh camat dan lurah Wali Kota juga menegaskan bahwa wajib hukumnya melihat kondisi ini dilapangan, wajib hukumnya uang dana kelurahan itu sebahagian digunakan untuk kepentingan sanitasi agar tidak ada buang air besar sembarangan yang dapat mencemarkan lingkungan terutama air.

Diakhir acara juga Wali Kota yang didampingi Forkopinda juga penyerahan pipa biopori kepada camat se-Kota Tebingtinggi dan dilanjutkan dengan pemasangan pipa biopori.

Berita Terkait