TPPHA Bantah Adanya Bayi Meninggal di RS Adam Malik Akibat Penyakit Hepatitis

Rabu, 11 Mei 2022 15:49
ist
RS Adam Malik Medan

digtara.com – Tim Penanganan Pasien Hepatitis Akut (TPPHA) bantah adanya pasien yang meninggal di Rumah Sakit (RS) Adam Malik Medan akibat terdampak penyakit Hepatitis. Bayi Meninggal Hepatitis

Hal tersebut ditegaskan oleh dr Ade Rachmat Yudiyanto, M.Ked(Ped), Sp.A(K) Ketua Tim Penanganan Pasien Hepatitis Akut saat dikonfirmasi.

“Kasus ini belum di pastikan apakah arah hepatitis ataupun tidak diketahui penyebabnya,” katanya Rabu (11/5/2022).

Ade mengatakan, banyak faktor yang tidak mengarahkan bahwa balita tersebut tidak terdampak gelaja hepatitis, mulai dari data yang belum akurat hingga kriterianya.

Baca: RS Adam Malik Sediakan 15 Ruangan dan 28 Dokter Sekaligus Perawat Anak yang Terdampak Hepatitis

“data data pendukung yang ada itu tidak selengkap apa yang kita periksa hari ini,” katanya Ade.

Ade meminta, agar awak media bisa dengan cermat mengamati kasus tersebut agar tidak menjadi rasa takut dan kepanikan bagi masyarakat.

“Jadi saya pikir terhadap kasus yang meninggal di skip dulu jangan di besar besarkan karena data yang kemarin tidak seperti data yang ini,” jelasnnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa ia tidak bisa menjamin bahwa balita yang meninggal dunia tersebut terkena penyakit hepatitis, karena tidak ada penanganan yang standar.

“Kalau yang ini, (bayi usia 8 bulan gejala hepatitis dirawat di RS Adam Malik) bisa kita pertanggung jawabkan untuk investigasi hasilnya apa, mungkin ada kejelasan apakah masuk hepatitis akut,” pungkasnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait