TMMD ke-112 Hadir Wujudkan Impian Warga Pergettenggetteng Sengkut

Jumat, 08 Oktober 2021 15:28

digtara.com – Karya nyata TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 TA 2021 tengah dikerjakan Satgas TMMD jajaran Kodam I/Bukit Barisan di wilayah Kodim 0207/Simalungun, Kodim 0206/Dairi, Kodim 0320/Dumai, Kodim 0304/Agam, Kodim 0309/Solok, dan Kodim 0316/Batam.

Lewat program tersebut, masyarakat menikmati hasilnya. Salah salah satunya yang dirasakan warga Desa Aornakan II dan Desa Kecupak I, Kecamatan Pergettenggetteng Sengkut, Kabupaten Pakpakbharat. Mereka tampak tersenyum sumringah, karena tidak lagi harus menapaki jalan setapak dan berbukit jika ingin menjual hasil pertaniannya ke Kota Salak.

Bila ingin keladang saat ini tidak perlu lagi harus berjalan kaki, karena akses jalan menuju ke ladang mereka sudah bisa dilalui kenderaan roda 2 maupun roda 4. Kondisi itu juga membuat warga kedua desa tersebut makin bersemangat untuk membuka lahan pertanian baru.

Warga kedua desa itu telah menikmati buah karya TNI melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 112 yang dilaksanakan Kodam I/BB melalui Kodim 0206/Dairi sejak 15 September hingga 14 Oktober 2021.

Satgas Kodim 0206 Dairi bersama Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah membuka jalan sepanjang 8 Km dengan lebar 8 meter di Desa Aornakan II dan Desa Kecupak I, Kecamatan Pergettenggetteng Sengkut dan pembangunan gorong-gorong berplat beton.
Tak hanya itu, Satgas Kodim juga mengecat dua rumah ibadah, selain sasaran fisik Satgas TMMD ke-112 Kodim 0206/Dairi juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaaan, Kamtibmas, hukum, bahaya narkoba, pertanian, penanganan kebakaran hutan dan lahan, kesehatan gizi terkait dengan stunting hingga penanganan pandemi Covid-19.

Sambutan Bupati Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0206/Dairi beserta jajarannya karena terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Pembangunan jalan ke objek wisata sangat membantu kami dalam membuka daerah terisolir di Kabupaten Pakpak Bharat ini,” ujarnya.

Menurut dia, program TMMD ke-112 TA 2021 Kodim 0206/Dairi sangat berguna bagi masyarakatnya, terutama yang hidup di wilayah terpencil. Dengan dibuka akses jalan tersebut, tidak saja semakin mudah petani mengakses ladangnya, tetapi juga tidak lagi bersusah payah memanggul hasil pertaniannya ke jalan besar yang menghubungkan sentra ekonomi di Kota Salak.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait