Timbunan Sampah Naik 30 Persen Masa Covid-19, BBKSDA: Limbah B3 Medis Penyumbang Terbesar

Rabu, 24 Februari 2021 09:18
istimewa
Timbunan Sampah Naik 30 Persen Masa Covid-19, BBKSDA: Limbah B3 Medis Penyumbang Terbesar

digtara.com – Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Dr Hotmauli Sianturi mengatakan selama masa pandemi Covid-19 timbunan sampah meningkat sampai 30 persen. Limbah B3 Medis

“Timbunan limbah B3 medis menjadi penyumbang meningkatnya sampah jika dibandingkan dengan masa normal atau sebelum pandemi Covid-19,” ujarnya saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Selasa 23 Februari 2021, di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.

“Untuk itu, masyarakat diminta untuk bijak dalam memilah sampah dengan menerapkan prinsip 3R yaitu, Reduce, Reuse dan Recycle,” tambahnya.

Ia menghimbau, jika masyarakat membuang sampah masker jangan dibuang utuh. Namun harus digunting terlebih dahulu. Sebab, jika masih utuh dikhawatirkan akan menyangkut ke hewan atau satwa liar.

Menurutnya soal sampah ialah problem bagi lingkungan hidup. Karena menyangkut hajat hidup seluruh makhluk. Oleh karena itu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Baca: Jalur Menuju Sibolangit Terpantau Aman, Wisatawan Diharapkan Tetap Waspada

Semua pihak harus bertanggungjawab untuk mengurangi sampah. Minimal dimulai dari diri sendiri dengan mengurangi penggunaan plastik.

Laman: 1 2

Berita Terkait