Tidak Berpotensi Tsunami, Sumut Digoncang 3 Kali Gempa

Kamis, 30 April 2020 17:10
Ilustrasi
Gempa bumi

digtara.com – Sumatera Utara (Sumut) digoncang 3 kali gempa berkekuatan 5,6 SR di lokasi berbeda, namun tidak berpotensi tsunami dan tidak ada mengalami kerusakan pada Kamis (30/04/2020) pukul 15.20 Wib.

Berdasarkan data BMKG yang diterima digtara.com, informasi awalnya gempa Mag:5.6, Lok:1.17 LU,99.53 BT (24 km Barat Laut Padanglawas-Sumut), Kedalaman:10 Km dirasakan III MMI di Aek Godang, Pinangsori, II MMI di Medan, Rantau Prapat, Rokan Hilir-Riau, Pekanbaru.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah 1 Medan, Eridawati SE MSi menjelaskan wilayah Padanglawas, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,6 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5,1.

Menurut data yang diperoleh, Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.19 LN dan 99.46 BT , atau tepatnya di darat  24 km  BaratLaut Padang Lawas-Sumatera Utara pada kedalaman 16 km. “Gempa tidak berpotensi tsunami. Untuk sementara tidak ada info kerusakan,” jelasnya.

Disebutkannya, guncangan gempa bumi ini dapat dirasakan di Aek Godang, Pinang sori dengan intensitas III MMI. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” sebutnya.

Selain itu, terjadi juga gempa bumi susulan hingga pukul 16.00 Wib. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Nias memang daerah aktifitas gempa yang tinggi. Beda gempa sama yang Padanglawas,” tandasnya.

 

[ya]

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV.
Jangan lupa, like comment and Subscribe.

Tidak Berpotensi Tsunami, Sumut Digoncang 3 Kali Gempa

Berita Terkait