Tiap Desa di Sumut Bakal Punya Pangkalan Elpiji Sendiri

  • Whatsapp
Tiap Desa di Sumut Bakal Punya Pangkalan Elpiji Sendiri
Pangkalan elpiji di wilayah pelosok. Pertamina menargetkan pendirian pangkalan elpiji di seluruh desa yang ada di Sumut sebelum akhir tahun 2020. (Istimewa)

digtara.com – Pertamina akan mendirikan pangkalan elpiji di setiap desa yang ada di Sumatera Utara. Pendirian pangkalan elpiji di tiap-tiap desa itu ditujukan untuk memudahkan dalam mendapatkan elpiji dengan harga wajar, khususnya untuk masyarakat di daerah pelosok.

Unit Manager Komunikasi dan CSR Pertamina, M Roby Hervindo mengatakan, pendirian pangkalan elpiji di setiap desa itu dilaksanakan lewat program satu desa satu pangkalan (one village one outlet/OVOO).

“Hingga saat ini, pencapaian OVOO di Sumut sudah mencapai 85 persen. Diyakini, hingga akhir tahun 2020, program OVOO bisa capai 100 persen,” ujar Roby, Minggu (9/8/2020).

Muat Lebih

Selain untuk memudahkan masyarakat pelosok mendapatkan elpiji, OVOO diharapkan bisa mengatasi lonjakan harga jual atau jauh di atas harga eceran.

Dia menegaskan, OVOO dikhususkan untuk menambah pangkalan elpiji di wilayah-wilayah pelosok pedesaan, bukan di wilayah perkotaan seperti Kota Medan, yang jumlah pangkalannya sudah banyak.

Kalau terlalu banyak pangkalan di satu wilayah, katanya, jatah pasokan per pangkalan menjadi terlalu kecil karena kuotanya tetap.

Roby mengatakan sejak program OVOO, jumlah pangkalan elpiji di Sumut bertambah dengan total 11.176 unit. Sebelumnya, jumlah pangkalan hanya sebanyak 9.626 unit.

“Program OVOO sudah berjalan di 33 kabupaten/kota Sumut dengan jumlah 430 kecamatan dan 4.000 kelurahan,” katanya.

Roby menyebutkan, sejak Januari-Juli 2020, Pertamina sudah menyalurkan 77 juta tabung elpiji 3 kg subsidi di Sumut. Sementara elpiji nonsubsidi seperti Bright Gas, sebesar 13.903 metrik ton (MT).

Untuk menghindari tabung elpiji bersubsidi dijual kembali oleh pengecer, Pertamina menetapkan satu kepala keluarga hanya boleh membeli satu tabung elpiji bersubsidi.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan