Terdampar di Perairan Alor, Warga Malah Potong dan Konsumsi Daging Paus Biru 24 Meter

Rabu, 24 Agustus 2022 16:16
ist
Terdampar di Perairan Alor, Warga Malah Potong dan Konsumsi Daging Paus Biru 24 Meter

digtara.com – Seekor Paus Biru (Blue While) panjang 24 meter dan lebar 3,5 meter ditemukan mati di Perairan Desa Bagang, Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, warga nekat memotorng dan konsumsi daging Paus Biru tersebut.

Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Wilayah Kabupaten Alor, Muhammad Saleh Goro yang dikonfirmasi Rabu (24/8/2022) mengatakan, Paus Biru dengan nama latin Balaenoptera musculus itu diduga baru saja terdampar kemudian mati di perairan tersebut.

Menurutnya, bangkai Paus Biru itu ditemukan pada Senin (22/8/2022) oleh warga Desa Bagang.

Baca: Paus Sperma Terdampar di Flores Timur, Dagingnya Jadi Santapan Warga

Setelah itu baru dilaporkan ke SUOP KKPD Selat Pantar dan laut sekitarnya.

Karena terbatasnya sarana ke lokasi kejadian, pihak SUOP kemudian meminta bantuan kepala desa Bagang untuk mengidentifikasinya.

Namun setibanya di lokasi terdamparnya paus, ternyata masyarakat sekitar setempat telah memotong dan mengambil daging paus yang telah mati tersebut.

Kepala desa pun meminta masyarakat untuk berhenti mengkonsumsi, untuk menghindari virus atau wabah penyakit yang terkandung dalam daging Paus Biru tersebut.

Kini bangkai Paus Biru itu telah ditarik oleh masyarakat pesisir Desa Bagang secara gotong royong ke pinggir pantai. Masyarakat diimbau untuk kedepannya tidak lagi memotong daging Paus yang terdampar.

Laman: 1 2

Berita Terkait