Tak Mau Janji Manis, Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL: Tutup Perusahaan Perusak Lingkungan

Rabu, 08 September 2021 15:22
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menerim perwakilan Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL, Senin (31/5/2021). [dokumentasi]

digtara.com – Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL berencana menemui Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. Pertemuan itu guna menyampaikan aspirasi mereka terkait dengan penutupan PT Toba Pulp Lestari (TPL).

Sebelum menyampaikan aspirasi, aliansi tersebut juga telah melakukan aksi nyata. Mulai dari menemui pemerintah daerah setempat hingga melakukan aksi jalan kaki 1.700 km dari Sumatera Utara ke Jakarta.

Perjalanan selama 44 hari, dimulai pada 14 Juni dan tiba di Jakarta pada 27 Juli 2021.

Baca: Aktivis Togu Simorangkir Bertemu Jokowi, Ungkap Perusakan Lingkungan oleh PT TPL

“Agar aspirasi ini tersampaikan dengan baik, kami dari Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL berencana bertatap muka dengan Ketua DPD LaNyalla M Mattalitti bersama pimpinan atau anggota DPD lainnya pada,” tulis Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL di surat terbuka, Rabu (8/9/2021).

Adapun aksi jalan kaki ini utamanya dilakukan oleh tiga aktivis yakni Togu Simorangkir, Anita Martha boru Hutagalung, dan Irwandi Sirait. Sementara ada 7 orang menjadi pendukung.

Baca: Jalan Kaki ke Jakarta Tuntut Jokowi Tutup PT TPL, Aktivis Diadang Polisi Bersenjata Lengkap

Presiden Joko Widodo, telah menerima aspirasi tim 11, yang mewakili kebanyakan suara masyarakat Sumut. Presiden menerima Togu Simorangkir pada 6 Agustus 2021.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Jokowi. Pertama, ia merasa kaget bahwa banyak informasi mengenai pencemaran dan perusakan lingkungan, yang sampai kepadanya berbeda dengan realitas lapangan yang disampaikan Togu.

Laman: 1 2

Berita Terkait