Saksi Disiksa di Kantor Polisi, KontraS: Pelaku Harus Diungkap

  • Whatsapp
Saksi Disiksa di Kantor Polisi, KontraS: Pelaku Harus Diungkap
Staf Advokasi KontraS Sumut, Ali Isnandar (Digtara)

digtara.com – Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumatera Utara mendesak Kapolda Sumatera Utara untuk mengungkap pelaku penganiayaan terhadap Sapran (54).

Penganiayaan mengarah pada penyiksaan yang  dialami Sapran harus diungkap karena menimbulkan preseden buruk dalam proses penegakakn hukum. Itu lantaran penganiayaan mengarah pada penyiksaan itu terjadi di dalam kantor Polisi. Tempat di mana seharusnya warga mendapatkan perlindungan.

“Kapolda Sumut harus bisa membuktikan siapa pelaku tindakan pidana yang terjadi kepada Sarpan,” tegas Staf Advokasi KontraS Sumut, Ali Isnandar kepada digtara.com, Jumat (10/7/2020).

Bacaan Lainnya

Ali juga mengingatkan agar Kapolda Sumatera Utara dan jajarannya bekerja cepat. Tidak perlu menunggu laporan dari korban. Apalagi peristiwa ini bisa menjadi preseden buruk bagi profesionalitas Polri.

“Dalam kasus penyiksaan tidak harus menunggu adanya laporan dari korban. Bisa saja menjadi temuan polisi tanpa adanya laporan, kemudian polisi harus melakukan langkah-langkah penyidikan dan penyelidikan terhadap penyiksaan tersebut,” ucapnya.

Ali juga meminta kepada Polisi melakukan penyelidikan internal secara profesional terhadap anggotanya yang diduga lalai atau bahkan terlibat dalam penyiksaan itu. Polri juga harus berani menegakkan hukum secara benar, jika anggotanya terbukti melakukan pelanggaran.

“Kalau memang ada unsur kelalaian atau keterlibatan, jangan cuma dicopot. Tapi juga diberikan hukuman sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Kalau memang harus dipecat dari Kepolisian, ya dilakukan. Polisi harus profesional,” tukasnya.

“Ada pelanggaran prosedur penanganan terhadap saksi yang sangat jelas terlihat dalam kasus itu. Sehingga korban mengalami penganiayaan. Jadi sanksi yang diberikan kepada personel Polri yang melanggar prosedur juga harus berat,” tukasnya.

 

Diduga Dianiaya, Saksi Kasus Pembunuhan Melapor ke Polrestabes Medan
Sarpan, saksi kasus pembunuhan yang diduga disiksa di Mapolsek Percut Seituan (digtara)
Kawalan Media…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan