Pungli Warga saat Urus Adminduk, Bobby Copot Kepling di Medan Amplas

Selasa, 18 Mei 2021 17:55
Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat berdialog virtual dengan warga Medan Amplas yang dipalak oknum Kepala Lingkungan 17. (digtara.com/satria)

digtara.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution di Kantor Lurah Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Selasa, (18/5/2021). Bobby Copot Kepling

Mantu Presiden Jokowi ini datang karena mendengar keluhan warga Lingkungan 17 Kelurahan Harjosari II, yang kesal lantaran dipalak oleh oknum kepala lingkungan (kepling) bernama Eka untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk)

Meski uang telah diberikan ternyata dokumen adminduk yang diurus tidak kunjung selesai meski sudah satu tahun.

Jumlah uang yang dipatokkan kepada warga bervariasi untuk mengurus dokumen adminduk oleh si kepling, mulai Rp 450 ribu sampai Rp 2,6 juta.

Satu persatu warga menyampaikan keluh kesah dan besaran biaya yang harus mereka keluarkan untuk bisa memperoleh dokumen adminduk seperti akta kelahiran, kartu keluarga (KK) ataupun kartu tanda penduduk (KTP).

Baca: Tuntut Kepling Diganti, Warga Timbangan Padangsidimpuan Geruduk Kantor Lurah

Hadir dalam kesempatan itu Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang. Edi dengan seksama mendengar keluhan warga yang disampaikan kepada Bobby Nasution.

“Kalau saya mau ngurus dokumen untuk bantuan UMKM, surat pindah dan pecak KK, kalau saya totalnya Rp 550 ribu, uangnya diberikan langsung ke kepling waktu itu di Kanal, istri saya jadi saksi,” kata Hendra Pangeran, salah seorang korban pungli.

Laman: 1 2

Berita Terkait