Potensi Industri Gerabah di Sukadamai Butuh Sentuhan Pemerintah Kabupaten Langkat

Jumat, 10 September 2021 10:44
digtara.com/hendra mulya
Potensi Industri Gerabah di Sukadamai Butuh Sentuhan Pemerintah Kabupaten Langkat

digtara.com – Potensi membangun ekonomi kreatif untuk mendukung visi dan misi Bupati Langkat, Terbit Rencana PA sebagai kabupaten pariwisata adalah dengan meningkatkan sektor industri kerajinan kecil dan gerabah.

Gerabah merupakan warisan dari nenek moyang untuk membuat celengan, periuk dari tanah liat dengan desain dan jenis produk yang sederhana dan dianggap potensial memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Potensi sumber daya alam berupa tanah liat sebagai bahan baku untuk pembuatan gerabah yang melimpah dan berkualitas di Kabupaten Langkat khususnya Kecamatan Hinai.

Baca: Pasca Lapas Tangerang Terbakar, Lapas Narkotika Klas ll A Langkat Lakukan Deteksi Dini

Maka dari iru, selaku Camat Hinai, Muhammad Nawawi, S.STP, M.SP berusaha untuk meningkatkan SDM masyarakat/pengrajin melalui Pengembangan Desain dan Pendampingan Industri Kerajinan Gerabah.

Tujuannya, agar memiliki Izin resmi, serta tidak hanya memproduksi satu jenis saja.

Hal ini dikatakan Nawi usai melakukan kunjungan ke pengusaha gerabah “Akang Ayat” di Desa Sukadamai, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Baca: Dalam Setahun, Yayasan Nindya Miesye Agita Bedah 50 Rumah Warga Langkat

Dalam bincang-bincangnya bersama pengusaha gerabah itu, Nawi berkeinginan agar pembinaan dan pengembangan terhadap industri kerajinan gerabah milik Akang Yayat tersebut.

Dia juga berharap, industri ini lebih menghasilkan berbagai jenis produk yang siap untuk dipakai dan dipasarkan serta siap memfasilitasi izin usaha mereka.

Laman: 1 2

Berita Terkait