Polda Sumut Imbau Buruh Tak Gelar Unjuk Rasa Besok

Rabu, 07 Oktober 2020 19:21
Internet
Ilustrasi: Demo Buruh

digtara.com – Polda Sumatera Utara (Sumut) mengimbau agar kelompok masa buruh tidak menggelar aksi unjuk rasa dengan pengerahan massa pada Kamis, 8 Oktober 2020 besok.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengatakan, imbauan tidak menggelar unjuk rasa seiring dengan kondisi pandemi yang belum usai. Sehingga aksi unjuk rasa dengan mengerahkan massa yang memicu kerumunan banyak orang, sangat beresiko untuk penularan Covid-19.

“Kami menghimbau kepada rekan-rekan buruh saat ini kita sedang dilanda wabah pandemi Covid-19. Kita menyarankan untuk aksi pengarahan masa yang direncanakan tersebut alangkah baiknya dilaksanakan tidak melakukan pengerahan masa,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/10/2020).

BACA JUGA: Polisi Tegaskan Tak Ada Izin Untuk Demo Buruh saat May Day 2020

Ia menjelaskan unjuk rasa ditengah pandemi Covid-19 akan mengakibatkan berkumpulnya orang banyak dan dikhawatirkan menyebabkan penyebaran Covid-19.

“Dengan pengarahan massa berarti akan berkumpulnya orang dan sudah pasti. Dengan berkumpulnya orang kita tidak tahu satu dengan yang lain untuk menjaga supaya tidak terpapar virus korona,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tatan mengusulkan agar yang ingin melakukan unjuk rasa agar disampaikan secara beraudensi dengan instansi yang bersangkutan.

BACA JUGA: Ditantang Turunkan Massa, Demokrat Sumut Sebut Hanya Terima Delegasi Buruh

“Acaranya apa ya apa yang mau di usulkan atau mungkin yang di sampaikan, lebih baik dikomunikasikan dengan cara beraudensi jangan sampai dengan adanya pengerahan masa terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 yang saat ini khususnya di Sumut jumlahnya tidak sedikit,” tutur Tatan.

Meski meminta buruh tidak menggelar unjuk rasa dengan pengerahan massa, namun Tatan mengaku Polda Sumut tetap melakukan upaya antisipasi. Salah satunya dengan menyiapkan 7 ribu personel untuk melakukan pengamanan aksi unjuk rasa.

“Kita tetap mengantisipasi beberapa hari ke depan. Untuk itu personel yang disiagakan 2/3 dari kekuatan masing-masing wilayah. Untuk Polda Sumut sendiri disiagakan 7.000 personel,” tandasnya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Polda Sumut Imbau Buruh Tak Gelar Unjuk Rasa Besok

Berita Terkait