Pj Wali Kota Tebingtinggi Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Karhutla

Jumat, 12 Agustus 2022 15:30
ist
Pj Wali Kota Tebingtinggi Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Karhutla

digtara.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi bertindak menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo Tebingtinggi, Jumat (12/8/2022).

Apel yang diikuti prajurit TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar itu turut dihadiri Kapolres Tebingtinggi AKBP M.Kunto Wibiaono. Danrami 13/TT Kapten Budiono, mewakili Kaden Brimob Den B Tebingtinggi, Dansubdenpom 1/1 dan sejumlah Pimpinan OPD serta pejabat Utama Polres Tebingtinggi.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi dalam amanatnya yang dibacakan Pj Wali Kota, menyampaikan apel ini merupakan satu tahapan penting.

Baca: Tak Kuat Menanjak, Truk Mundur Mengakibatkan Tabrakan Beruntun di Tebingtinggi

Hal ini untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya melestarikan hutan dan lahan yang ada di Indonesia.

“Karenanya melalui kegiatan ini diharapkan menjadi suatu Trigger untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan seluruh instansi terkait lainnya serta organisasi pecinta lingkungan, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, dalam rangka mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera Utara,” ujarnya.

Disampaikan Gubernur, berdasarkan data yang ada, pada semester 1 Tahun 2022 terdapat 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Sumut.

Hal ini terus mengalami peningkatan 36 titik jika dibandingkan dengan semester 1 Tahun 2021.

Disamping itu jumlah hotspot tersebut juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dimana pada Juni 2022 terdapat hotspot 14 titik. Sementara pada Juli 2022 jumlahnya 146 titik atau mengalami kenaikan 942 persen.

Laman: 1 2

Berita Terkait