Pertamina Sebut Kebakaran Truk Tangki di Marelan Dipicu Tindakan Penyelewengan

  • Whatsapp
Pertamina Sebut Kebakaran Truk Tangki di Marelan Dipicu Tindakan Penyelewengan
Petugas tengah berupaya memadamkan api yang membakar mobil truk tangki Pertamina di Medan Marelan. (Istimewa)

digtara.com – PT Pertamina telah merampungkan penyelidikan internal terkait insiden kebakaran truk tangki pengangkut BBM mereka di kawasan Marelan, pada Kamis 6 Agustus 2020 lalu.

Dari hasil penyelidikan mereka, diketahui bahwa insiden itu dipicu adanya upaya pelanggaran yang dilakukan awak mobil tangki bernomor polisi BK9229CN itu. Mereka melakukan tindakan penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) di jalan atau yang kerap disebut sebagai ‘kencing BBM’.

“Kencing BMM dalam arti penyelewengan itu, yakni awak truk tangki memindahkan sebagian muatannya secara ilegal di jalan, sebelum sampai ke lokasi tujuan. Pemindahan itu merugikan Pertamina,” kata ungkap Unit Manager Komunikasi dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M Roby Hervindo, Selasa (11/8) siang.

Muat Lebih

Roby menjelaskan, mereka telah melaporkan hasil pemeriksaan internal itu kepada pihak kepolisian. Kedua awak mobil tangki itu pun kini diburu petugas.

“Sudah kita laporkan,” tukasnya.

DILENGKAPI GPS

Roby menyatakan, mereka sebenarnya sudah berupaya mengantisipasi praktik ‘kencing BBM’ ini. Yakni dengan memasang alat Global Positioning System (GPS) di setiap mobil tangki.

Dengan pemasangan alat itu, setiap mobil tangki pengangkut bbm Pertamina bisa dipantau pergerakannya. Apakah mereka berhenti di lokasi-lokasi yang ditandai dalam sistem sebagai tempat kencing bbm.

“Kalau di sistem mereka kedapatan berhenti di titik-titik yang ditandai sebagai tempat kencing bbm. Maka mereka kena sanksi. Tapi tantangannya, titik-titik lokasi kencing bbm itu kerap berpindah,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, satu unit truk tangki pengangkut 24 kiloliter BBM jenis Pertalite terbakar di pinggir Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan pada Kamis 6 Agustus 2020 lalu.

Mobil tersebut terbakar saat memindahkan BBM ke mobil pikap yang juga ikut terbakar dalam insiden itu. Kebakaran sendiri sempat membuat kehebohan warga. Warga heboh lantaran takut kebakaran menjalar ke permukiman warga. Apalagi lokasi kebakaran juga berada tak jauh dari stasiun pengisian bahan bakar umum.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pertamina Sebut Kebakaran Truk Tangki di Marelan Dipicu Tindakan Penyelewengan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar