Penyelundupan Ribuan Kardus Rokok Berhasil Digagalkan Patroli TNI-AL

  • Whatsapp
Penyelundupan Ribuan Kardus Rokok Berhasil Digagalkan Patroli TNI-AL
Penyelundupan Ribuan Kardus Rokok Berhasil Digagalkan Patroli TNI-AL (istimewa)

digtara.com – Ribuan kardus rokok senilai Rp 5 miliar berhasil digagalkan oleh KRI Alamang-644 di Perairan Batam, Kepulauan Riau. Diduga barang tersebut akan diselundupkan dari negara tetangga, Sabtu 27 Maret 2021 kemarin.

Komandan KRI Alamang-644 Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan mengatakan, penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat.

“Info tersebut ditindaklanjuti dan KRI Alamang-644 melaksanakan patroli di perairan Selat Singapura dan berhasil mengidentifikasi kontak kapal yang diduga melakukan kegiatan illegal tersebut,” katanya.

Muat Lebih

Lebih lanjut Fuad mengatakan bahwa kapal KM Karya Sampurna, rencana berlayar dari Batam tujuan Songkhla, Thailand.

Namun berdasarkan keterangan awal dari nakhoda MM, mengakui akan berlayar menuju Tanjung Berakit dan selanjutnya muatan akan dipindahkan ke kapal penampung.

Baca: Cukai Tembakau Resmi Naik, Ini Daftar Harga Rokok Terbaru Februari 2021

Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan mengatakan, kecurigaan timbul dari dokumen yang diindikasikan palsu.

“Tidak ditemukannya dokumen keimigrasian ke Thailand. Serta jumlah bahan bakar yang tidak memungkinkan untuk berlayar ke Thailand. Setelah diambil keterangan lebih detail, Nakhoda menyampaikan bahwa sebenarnya kapal akan berlayar menuju Tanjung Berakit untuk memindahkan rokok tersebut ke kapal penampung lainnya,” jelas Yayan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan