Pasca Banjir Bandang Palas, Ratusan Warga Mulai Terserang Penyakit

Selasa, 04 Januari 2022 14:10
ist
Warga mendatangi posko kesehatan pasca banjir bandang

digtara.com – Pasca bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, para korban bencana mulai mendatangi posko Kesehatan yang didirikan Dinas Kesehatan Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara, Selasa (4/12/2021).

Pihak dinas kesehatan telah mendirikan sebanyak 3 titik posko Kesehatan di lokasi bencana banjir bandang dan tercatat sekitar 200 warga mulai melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut Kepala Puskesmas Pinarik, Dr Zakia Pasaribu mengatakan sejak di Posko Kesahatan Hingga hari ini tercatat sekitar 200 warga terserang berbagai penyakit.

“Ia Pak sampai hari ini sekitar 200 warga mulai memeriksa kesehatan mereka, berbagai penyakit pasca banjir mulai menyerang warga seperti sakit perut, gatal-gatal dan penyakit lain pasca bencana,” ungkap Zakia.

Data BPBD

Data dari Kepala Pelaksana BPBD Padang Lawas, Amit Hadi Nasution Tercatat sebanyak 431 rumah rusak akibat banjir bandang yang menerjang lima desa di kecamatan Batang Lubu Sutam, Padang Lawas. Kondisi banjir bandang terparah terjadi di Desa Sitamiang, petugas gabungan dari BPBD setempat, Dinas PUPR, Satpol PP, TNI dan Polri yang turun kelokasi bencana mulai melakukan upaya pembersihan material lumpur dan kayu.

Bahkan dampak bencana banjir bandang di Palas tersebut mengakibatkan 215 warga mengungsi ke Ponpes Babul Hasana dan Sekolah Dasar Negeri Tanjung Baru serta mengungsi di Rumah sanak keluarga mereka.

Berita Terkait