Pada 2021, Ekspor Hasil Pertanian Sumut Capai Rp 27 T

Jumat, 31 Desember 2021 16:45
digtara.com/mag-01
Gubsu, Edy rahmayadi.

digtara.com РNilai ekspor komunitas pertanian di Sumatera Utara (Sumut), sepanjang 2021 mencapai 27 triliun. Ke depan nilai ekspor akan terus digenjot. Dengan begitu kesejahteraan petani akan meningkat. Ekspor Hasil Pertanian Sumut 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku, Provinsi Sumut tercatat sebagai peringkat pertama nilai ekspor komunitas pertanian terbesar di Indonesia.

“Kita nomor satu se-Indonesia, total (ekspor) nya Rp 27 triliun,” kata Edy, melansir suara.com–jaringan digtara.com, Jumat (31/12/2021).

Baca: Berani Jewer Pelatih, Apa Prestasi Olahraga Sumut Selama Edy Rahmayadi Jadi Gubsu?

Edy juga melepas ekspor 102,9 ton komoditas pertanian dengan nilai Rp 2,2 triliun. Angka itu 18,75 persen dari seluruh total nilai ekspor komoditas pertanian di acara tersebut.

“Kita akan dorong terus, dengan begitu nilai tukar petani-petani kita akan semakin tinggi dan pertumbuhan ekonomi kita lebih cepat membaik,” ujarnya.

Adapun komuditas pertanian yang diekspor yaitu minyak sawit, kultur jaringan lilium, pakan ternak, kopi, rempah dan sayur. Bahkan menurut keterangan Edy, ada empat negara yang ingin mengekspor sabut kelapa namun Sumut belum bisa memenuhi kuotanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku, pertanian menyumbangkan pendapatan ekspor negara terbesar kedua setelah pertambangan dalam dua tahun terakhir.

Laman: 1 2

Berita Terkait