Oknum Polisi Kasus Narkoba Divonis 1 Tahun Kurungan, Kejari Binjai Lakukan Banding

Selasa, 26 Juli 2022 06:49
ist
Oknum Polisi Kasus Narkoba Divonis 1 Tahun Kurungan, Kejari Binjai Lakukan Banding

digtara.com – Oknum polisi kasus narkoba berinisial SH, warga Binjai Barat, Kota Binjai divonis 1 tahun kurungan penjara.

Putusan oleh Ketua Majelis Hakim, Ledis Meriana Bakara ini jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Meirita Pakpahan.

Sebelumnya, JPU menuntut 8 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar Subsidair 6 bulan kurungan.

Baca: Nyambi Jadi Bandar Narkoba, Petani Asal Besitang Ditangkap Polisi

Dalam tuntutan JPU, oknum polisi yang berdinas di Polres Langkat ini dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah.

“Melakukan tindak pidana melakukan percobaan atau pemufakatan jahat menawarkan diri untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar agar menyerahkan narkotika golongan I sebagaimana diatur dan diancam dalam dakwaan pertama pasal 114 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 Undang-undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.”

Namun, majelis hakim menjatuhkan vonis jauh lebih ringan terhadap terdakwa.

Baca: Edarkan Sabu di Binjai, Warga Pekanbaru Diciduk, Diduga Sindikat Jaringan Lapas

Majelis berpandangan barang bukti berupa 4 paket narkotika jenis sabu dengan berat kotor 2,86 gram dan berat bersih 1,73 gram ini bukan milik SH.

Sabu tersebut, dari pandangan hakim, adalah milik RM yang ditangkap bersama dengan oknum polisi tersebut.

Karenanya, ketetapan majelis hakim dalam amar putusannya menetapkan sabu dan barang bukti lainnya berupa 8 plastik klip kosong, 1 skop sabu, 1 timba dan uang tunai senilai Rp 90 ribu diserahkan kepada JPU untuk dijadikan barang bukti dalam perkara RM.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait