Oknum Pengacara Lecahkan Wartawan, Dr Redyanto Sidi SH MH: Laporkan ke Dewan Etik Advokat

Minggu, 05 September 2021 16:40
istimewa
Pakar Hukum Pidana Universitas Panca Budi (UNPAB) Dr. Redyanto Sidi, SH, MH

digtara.com – Oknum pengacara asal Kabupaten Langkat berinisial TL diduga telah lecehkan wartawan di belasan media online. Melalui akun https://www.facebook.com/togar.lubis (Togar Lubis IX) miliknya, oknum pengacara itu menyebutkan, media yang memberitakan fakta persidangan di PN Stabat sebagai media ‘Abal-abal’. Oknum Pengacara Lecahkan Wartawan

Menyikapi ‘ocehan’ oknum pengacara yang terkesan melecehkan perusahaan media itu, beberapa praktisi hukum di Kota Medan pun angkat bicara.

“Luar biasa! Laporkan aja ke Dewan Etik Advokat,” kata Pakar Hukum Pidana Universitas Panca Budi (UNPAB) Dr. Redyanto Sidi, SH, MH, Minggu (5/9/2021).

Baca: Komunitas Advokat Menilai RUU Pidana Melemahkan Profesi Mereka

Kepala Prodi Magister Hukum Kesehatan UNPAB itu menambahkan, untuk dapat diangkat menjadi advokat harus memenuhi beberapa persyaratan.

Di antaranya, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Menurut informasi dari Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia, ternyata oknum pengacara tersebut pernah dipidana. Dia dihukum karena menghina atau mencemarkan nama baik seseorang, sesuai Putusan MA Nomor 2874K/Pud.Sus/2017.

Baca: Komunitas Advokat Menilai RUU Pidana Melemahkan Profesi Mereka

Terpisah, Kadiv SDA LBH Medan M. Ali Nafiah Matondang, SH, MH sangat menyayangkan ‘ocehan’ oknum pengacara tersebut di hadapan publik.

Advokat asal Kecamatan Tanjung Pura itu, diduga telah menghakimi rekan media atas pemberitaan yang dimuat, tanpa terlebih dahulu menempuh upaya hukum sesuai ketentuan yang ada.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait