Menko Airlangga Janji Ganti Rugi Rp 10 Juta Per Sapi Yang Dimusnahkan karena Wabah PMK

Kamis, 23 Juni 2022 15:33
int
Menko Airlangga Janji Ganti Rugi Rp 10 Juta Per Sapi Yang Dimusnahkan karena Wabah PMK

digtara.com – Pemerintah berjanji akan mengganti rugi atas pemusnahan paksa terhadap hewan ternak yang terkonfirmasi positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ganti Rugi Wabah PMK

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan setiap hewan ternak yang positif PMK dan dilakukan pemusnahan paksa akan mendapat ganti rugi sebesar Rp10 juta per sapi dari pemerintah.

“Terkait dengan pergantian terutama terhadap hewan yang dimusnahkan ataupun dimatikan paksa, pemerintah akan menyiapkan ganti terutama untuk peternak UMKM itu sebesar Rp10 juta per sapi,” kata Menko Airlangga usai Ratas di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022).

Baca: Jelang Idul Adha, Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Akan Undang Panitia Kurban, Terkait Wabah PMK

Dalam ratas tersebut Menko Airlangga juga bilang Presiden Jokowi juga meminta untuk ketersedian obat-obatan terkait PMK harus tersedia dengan baik, begitu juga dengan petugas vaksinator.

“Arahan bahwa untuk obat-obatan untuk terus disiapkan, dan jumlah vaksinator juga dilengkapi dan seluruh mekanisme yang harus dijaga selain pergeseran daripada hewan juga kontrol terhadap mereka yang ke luar masuk peternakan artinya bio hazard melalui disinfektan itu penting karena kita juga melihat agar carrier dari pada virus ini untuk terus dijaga,” paparnya.

Baca: Lulus Rikkes Tahap II, 629 Casis Bintara Polri Polda NTT Ikut PMK dan Psikologi Tahap II

Airlangga mengatakan hingga saat ini zona merah penularan virus PMK telah mencapai 1.765 Kecamatan dari sekitar 4.614 Kecamatan yang sudah terjangkit wabah PMK.

“Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38 persen. Seluruhnya detail akan dimasukan dalam instruksi Mendagri,” kata Menko Airlangga.

Laman: 1 2

Berita Terkait