Melalui Program WBP, Rutan Labuhan Deli Membangun Ekonomi Napi

Senin, 19 Oktober 2020 20:19

digtara.com – Melalui program Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan (Rutan) Labuhan Deli membangun ekonomi narapidana. Rutan Labuhan Deli

Hal itu ucapkan Kepala Rutan Klas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang kepada digtara.com, Senin (19/10/2020). Ada beberapa aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan membangun doorsmeer, bengkel, laundry, handycraft, hingga pertanian.

“Dasar kita membangun kegiatan ini ialah resolusi pemasyarakatan yang diputuskan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tahun 2020. Adapun kegiatan itu terkait dengan sarana asimilasi dan edukasi yang aplikasinya dengan membangun doorsmeer, bengkel, laundry, handycraft hingga pertanian,” jelasnya.

lebih lanjut dijelaskannya upaya itu sudah dilakukan sejak 2019. Tujuannya untuk memproduktifkan narapidana ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional dan membangun peran WBP untuk meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

“Untuk saat ini karena masa pandemi, kegiatan pertanian narapidana tidak ada yang bekerja, tetapi mantan WBP yang tetap aktif mengelola. Namun untuk sebelum masa pandemi warga binaan yang bekerja di bidang pertanian ada 10 orang dan di perbengkelan ada 25 orang, dll,” terangnya.

Baca: Rutan di Sumut Over Kapasitas, Kapolda Surati Polri dan Kemenkumham

Dari Koperasi

Menurutnya manfaat dari program ini ialah nilai ekonomis yang didapatkan WBP karena pendanaan kegiatan ini diambil dari koperasi pegawai sehingga modal dan keuntungan dikembalikan ke koperasi serta untuk negara.

“Secara materi dan secara ekonomi, kegiatan ini sangat mendukung dan meningkatkan kesejahteraan pegawai hingga kesejahteraan WBP. Karena kita membuka lapangan pekerjaan ini dan menyumbang pada pendapatan negara bukan pajak,” sebutnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait